Inilah Jejak HTI dan Identitas Wanita yang Todongkan Pistol ke Paspampres

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:13 WIB
Polisi dan Paspampres menangkap wanita berpistol merobos istana negara di depan pintu masuk
Polisi dan Paspampres menangkap wanita berpistol merobos istana negara di depan pintu masuk

AKTUALKAN.COM - Inilah Jejak HTI dan Identitas Wanita yang Todongkan Pistol ke Paspampres | BNPT atau Badan Nasional Penanggulangan Terorisme membeberkan identitas si pelaku wanita berpistol yang kemarin menodongkan pistolnya ke personil Paspampres dan wanita tersebut juga diduga mencoba untuk menerobos Istana Negara, Jakarta Pusat.

Penelusuran sementara dari BNPT, wanita yang berinisial SE tersebut mempunyai pemahaman radikal dan diketahui merupakan salah satu pendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang sudah dibubarkan oleh pemerintah.

"Kami BNPT sesuai tugas pokok dan fungsinya sedang melakukan koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum untuk memastikan apakah pelaku bagian dari jaringan teroris atau pelaku tunggal", kata Direktur Pencegahan BNPT yakni Ahmad Nurwakhid sebagaimana yang di kutip dari detiknews, Rabu (26/07/2022).

Baca Juga: Gaya Kang Ridwan Kamil saat Dampingi Delegasi Oki Historical Walk di Bandung

Nurwakhid sendiri mengatakan bahwa wanita tersebut itu juga kerapkali mengunggah konten-konten prpaganda khilafah melalui akun pribadi sosial medianya. BNPT sendiri kini masih terus mendalami terkait dugaan keterkaitan si wanita dengan aktor-aktor lain.

"Pendalaman terhadap profil dan motif pelaku terus dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat adanya keterkaitan dengan aktor-aktor yang lain," ujar Ahmad Nurwakhid.

Sekedar diketahui, peristiwa bermula ketika polisi melakukan tugas rutin pelayanan masyarakat penjagaan serta pengaturan di sekitaran Istana Presiden atau Pos Bandung 1/oteva. Kemudian, ada sosok perempuan berjalan kaki dari Harmoni lalu mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Indonesia, Boyong Pesawat Tempur Mirage 2000 Bekas Qatar, Siap Memperkuat TNI-AU

Ketika di pintu masuk Istana Negara, wanita tersebut menghampiri anggota Paspampres yang sedang berjaga. Wanita tersebut lantas menodongkan pistol jenis FN ke Paspampres.

Anggota Satgatur, Aiptu Hermawan, Bripda Yuda dan Briptu Krismanto langsung sigap mengamankan wanita tersebut. Anggota yang bertugas di TKP kabarnya juga langsung merebut pistol berjenis FN dari tangan wanita tersebut.

Editor: Erik Priana

Tags

Terkini

Lemes ! Harga Emas Hari Ini Jatuh, Simak Rinciannya

Jumat, 28 Oktober 2022 | 10:22 WIB
X