Kompak! Warga Widasari Gotong Royong, Beberes Sungai Cipelang

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 10:02 WIB
Kegiatan Gotong Royong Warga Desa Widasari  (Erik Priana )
Kegiatan Gotong Royong Warga Desa Widasari (Erik Priana )

AKTUALKAN.COM - Kompak! Warga Widasari Gotong Royong, Beberes Sungai Cipelang | Gotong royong merupakan ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan Masyarakat di Indonesia. Secara garis besar, gotong royong sendiri tertuang pada pancasila, yaitu sila ketiga yang berbunyi persatuan Indonesia.

Gotong royong tersebut sudah mendarah daging dan bahkan sudah menjadi kepribadian bangsa serta sebagai budaya khas yang sudah berakar begitu kuat dalam kehidupan masyarakat. Selain itu juga, sebagai bagian dari suatu kehidupan bermasyarakat yang hampir semua yang ada di daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Baca Juga: Program Solar untuk Koperasi Nelayan di Desa Cangkring, Cantigi di Hadiri Bupati Nina Agustin dan Menkop UKM

Seperti halnya dengan masyarakat Desa Widasari pada hari Jumat, 28 Oktober 2022. Masyarakat setempat melakukan kegiatan bersih-bersih khususnya pada sungai cipelang. Yang mana sudah beberapa minggu ini aliran sungai terhambat dikarenakan adanya tumbuhan-tumbuhan liar yang tumbuh dengan subur sampai menutupi sebagian sungai cipelang.

Rumput liar tumbuh subur (Erik Priana)
Sampah-sampah yang biasanya mengalir di sungai cipelang dengan baik, kini terdampar dan bahkan sampah-sampah tersebut menumpuk di aliran sungai yang terhampar rerumputan liar, sehingga menyebabkan sedikit bau tak sedap dihidung yang meresahkan sebagian warga setempat.

Antusias warga Desa Widasari khususnya Blok 2 dan Blok 3, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu kompak bergotong-royong membersihkan sampah-sampah serta rerumputan liar yang menutupi aliran sungai Cipelang, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Pendopo Indramayu Membuka Akses Publik Untuk Masyarakat Luas Yang Ingin Belajar Gamelan

Warga Desa Widasari Blok 2/3 beserta seluruh perangkat Desa widasari yang dipimpin Bapak Kuwu H. Warnadi kegiatan bergotong royong tersebut berjalan lancar dan aliran sungai cipelang kembali seperti sedia kala.

Kegiatan Gotong Royong Warga Desa Widasari (Erik Priana )
Tidak hanya dari perangkat Desa saja dalam kegiatan bebersih sungai cipelang tersebut, dari pihak keamanan seperti (Polsek Widasari) dan juga pihak Kecamatan, Satpol PP ikut serta dalam kegiatan membersihkan sungai cipelang, Widasari - Indramayu.

Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

1. Menumbuhkan rasa serta sikap saling tolong menolong, saling membantu, sukarela dan memiliki sifat kekeluargaan.

2. Membina hubungan sosial terhadap masyarakat disekitar.

3. Menciptakan rasa kebersamaan serta menumbuhkan rasa kasih sayang.

Kegiatan Gotong Royong Warga Desa Widasari (Erik Priana )
4. Mempererat tali silaturahmi atau juga persaudaraan.

5. Meringankan pekerjaan serta menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan.

6. Meningkatkan produktivitas kerja.

Halaman:

Editor: Erik Priana

Tags

Terkini

Lemes ! Harga Emas Hari Ini Jatuh, Simak Rinciannya

Jumat, 28 Oktober 2022 | 10:22 WIB
X